Mail marge
1.
Buat dokumen terlebih dahulu (bisa
berupa surat,
blangko formulir, atau dokumen yang lain) contoh :

2. Klik ribbon Mailings kemudian klik Start
Mail Merge, pilih Step by Step
Mail Merge Wizard

3.
Akan muncul panel Mail Merge
disebelah kanan jendela Word anda.
4. Pada Select document type pilih Letters
kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.

5. Pilih
Use the current document kemudian klik Next

6. Pada
pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type
a new list kemudian klik Create.

7.
Akan muncul jendela New Address
list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada
dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
a.
Klik Customize columns

b.
Pilih filed name kemudian klik tombol delete,
sampai semua nama kolom terhapus.

c.
Untuk membuat field name baru klik Add kemudian
beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)

d.
Tambahkan beberapa filed sesuai dengan
kebutuhan anda ”misal=nama”.
e.
Jika
dirasa sudah cukup klik OK
f.
Muncul jendela New address list.
Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK

g.
Untuk menghapus entry klik pada
entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru
klik pada new entry.
h.
Simpan pada
folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save.

i.
muncul daftar list yang sudah siap untuk
dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada, atau
bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan
tanda centang pada list tersebut.

- Klik Next : Write your letter untuk melajutkan
9.
Sampai
disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk
dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan.
10. Pada
pilihan write your letter, pilih More item

11. Pada
jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert

12. Ulangi langkah diatas sampai data diisi dengan
field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.
13. kemudian
klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau
kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.

- Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger.
15. Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan
Edit individual letters. Jika anda pilih merger print, maka data merger
akan langsung dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters
maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan
pilih sesuai kebutuhan.

gambarnya mail merge mana???
BalasHapus